Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DURIAN KAMPUNG AGAM kecamatan mempura

                

                                        

Dalam musim durian  tahun ini durian kampung agam banyak di minati pembeli, Terlihat di pingir jalan siak dayun atau lebih dikenal dengan sebutan nama ‘’KAMPUNG AGAM ‘’ banyak penjual durian yang sedang menjual buah Durian, disitu mereka mendirikan pondok (lapak) untuk berjualan.

Harganya sangat berfariasi  mulai dari harga yang murah sampai harga yang mahal tergantung dari besar kecil  buah nya. Kebanyakan orang yang membeli buah durian di kampung agam ini orang dari luar siak, mereka berbondong-bondong mengajak sanak saudra untuk membeli buah durian sekalian berwisata ke kota siak sri indrapura.

Setiap musim durian tiba ini sebagai berkah bagi warga siak terutama warga mempura, karena dari menjual buah durian di pinggir jalan siak dayun mereka bisa mencari nafkah untuk keluarga.bagi yang memeliki durian yang banyak tentu dia memperoleh hasil yang banyak dari hasil menjual durian.

Jikalau sudah musim durian di kampung agam ini tentu bnyak sekali pembeli yang singah di kampung agam ini,tepatnya di kebun-kebun durian.bukan hanya warna setempat yang berkunjung untuk membeli buah durian,tapi beberapa orang yang tingal diperkotaanjuga memburu durian tersebut.

Selain membeli di tempatnya lansung penjual durian juga membuat lapak nya di pingir jalan.ada sekitar puluhan pondok  penjual durian yang membuat lapak di pingir jalan untuk menarik para pembeli.nah itu lah info kita kali ini,apakalah andatertarik untuk memburu durian kampung agam.jika ingin memburu durian kampung agam bisa datang di desa mempura kab siak kecamatan mempura.

Mengenal macam jenis buah durian kampung agam

Ada banyak jenis buah durian yang di buru oleh pembeli,durian yang termahal di kampung iniadalah buah durian tembaga.durian ini memiliki ciri yang warna agak ke kuning kuningan seperti warna tembaga.dan mempunyai danging yang tebal dan rasa nya tu susah untuk di ungkap dengan kata kata,sangking enaknya.apa lagi bagi pencita durian pasti tak bisa berkata saan memakan durian jenis tembaga yang ada di kampung agam desa mempura kabupaten siak propinsi riau.

Ada juga yang bernama durian jantung,entah kenapa di kasi nama durian jantung,mungkin karna bentuknya yang seperti jatung pisang,makanya orang kampung agam memberi nama dengan nama durian jantung.karna bentuk nya yang lonjong seperti jantung.

Setelah itu aja juga durian kepala kamping,durian ini memiliki bentuk nya sangat unik yang memiliki bentuk   buah yang kecil kecil.meski pun bentuk nya yang kecil tapi rasa nya tak sama dengan bentuk nya.kalau soal rasa durian ini sangat lah manis.

Masih ada lagi ni nama jenis duriang yang ada di kampung agam,ya itu durian sekah.warga setempat memberi nama jenis durian ini karna memiliki buah yang lebat,sangking lebat nya dahan pohon nya tak sangup untuk bertahan,dan dia akan sekah atau istilah kata dalam bahasa Indonesia “runtuh”.

Masih banyak lagi nama jenis buah durian yang ada di kampung agam,nama nama durian di atas adalah nama yang di beri oleh warna setempat.karna lain tempat juga lain nama nya.lain kamoung juga lain pendapat nya.ada kah nama yang di atas sama dengan nama jenis durian yang ada di kampung sobat ?.

Selain di makan mentah buah durian bisa di bikin untuk lauk lo,,,?! ada yang pernah mendegar istilah tempoyak durian gak ??. nah bagi yang belum tau coba nih simak apa itu tempoyak durian.

Tempoyak

Tempoyak adalah durian yang di asam kan selama beberapa hari,tempoyak bisa di kata kan makan nan tradisional masyarakat melayu siak.setiap musim durian masyarakat setempat akan membuat tempoyak durian untuk di jual dan di jadi kan lauk.jikalau anda ingin merasakan nikmat nya makan lauk tempoyak boleh lah mampir mampir di sini.tapi dengan catatan nyari nya pas pada musim durian ya ….

Jadi durian mana kah yang paling anda suka dan anda gemari untuk di beli,kalau saya sih lebih suka durian tembaga.karna isinya yang tebal dan terasa puas kalau di makan.mungkin itu saja ya gais artikel kita tenteng durian nya.